Berkunjung ke “Si Cantik” Tangkupan Perahu dengan Rental Elf dari Jakarta

Tangkuban Perahu adalah salah satu wisata yang berada di lembang Bandung, Namanya sudah terkenal karena tidak hanya pemandangan nya yang buat kamu lupa suntuk. Obyek Wisata ini juga terkenal akan legendanya.  Asal muasal legenda bisa kamu temui dari bentuk unik gunung kalau diperhatikan dari kejauhan, akan terlihat seperti perahu yang terbalik. Jika kamu benar-benar berniat untuk melihat bentuknya lebih jelas, kamu bisa melihatnya dari daerah Cibodas, Lembang. Tangkuban perahu sendiri secara bahasa artinya perahu yang terbalik.

Supaya kamu gak penasaran mari kita bahas sedikit tentang legenda Tangkuban perahu. Secara ringkas Dayang Sumbi , mengetahui anak nya yang sakti yakni Sangkuriang tanpa tahu ingin menikahi Dayang Sumbi sang ibunya sendiri. Tanpa memberitahu Sangkuriang Dayang Sumbi menyuruh sangkuriang membuat Kapal yang mustahil selesai dalam semalam. Namung karena kesaktian nya Sangkuriang percaya diri dapat memenuhi syarat mudah ini. Pengerjaan kapal pun dibantu jin dalam semalam. Khawatir Sangkuriang dapat menyelesaikan syarat dari Dayang Sumbi, diam-diam ia menyuayam jantan berok, matahari terbit lebih cepat dari biasanya dan Sangkuriang menyadari bahwa dia telah ditipu. Dengan sangat marah dia mengutuk Dayang Sumbi dan menendang perahu buatannya yang hampir jadi ke tengah hutan. Perahu itu berada disana dalam keadaan terbalik, dan membentuk Gunung Tangkuban Perahu (perahu yang menelungkub). Tidak jauh dari tempat itu terdapat tunggul pohon sisa dari tebangan Sangkuriang, sekarang kita mengenalnya sebagai Bukit Tunggul. Bendungan yang dibuat Sangkuriang menyebabkan seluruh bukit dipenuhi air dan membentuk sebuah danau dimana Sangkuriang dan Dayang Sumbi menenggelamkan diri dan tidak terdengar lagi kabarnya hingga kini. Di tangkuban perahu ini terdapat salah satu gunung berapi yang mungkin masih aktif hingga sekarang,

Ketinggian gunung tangkuban perahu ini kurang lebih 2048 meter dari permukaan laut, gunung ini memiliki kawah aktif, dari jumlahnya kawah ini berjumlah sembilan kawah, dalam sejarah geologi gunung tangkuban perahu ini merupakan sisa dari gunung sunda dan termasuk gunung purba di Indonesia, menurut ahli geologi kawasan dataran tinggi di bandung yang memiliki ketinggian kurang lebih 709 meter dari permukaan laut adalah merupakan sisa dari sebuah danau besar yang terbentuk akibat dari pembendungan sungai Citarum, sehingga kalo dikaitkan dengan legenda masyarakat gunung ini berkaitan dengan peristiwa saat itu.

Gunung berapi tangkuban perahu ini terbentuk dari letusan gurung sunda yang memulai letusan pertamanya pada tahun 1829 dan terakhir meletus pada tahun 1929, karena seringnya gunung ini meletus akhirnya banyak kawah yang terdapat di sekitarnya, kawah disini dinamain, namanya pun keren-keren kaya kawah Ratu (ini termasuk kawah yang paling besar) terus kawah Baru, kawah Domas, Kawah Jurig, Kawah Siluman, kawah Upas dan yg terakhir namanya Paguyuban Badang, kawah-kawah disini masih aktif bahkan ada beberapa kawah yang dilarang didekati karena mengandung uap yang beracun..

Daerah wisata Tangkuban Perahu ini, mudah sekali  untuk di akses sangat nyaman jika kita tempuh dengan mobil Elf dari Jakarta, sepanjang perjaanan kita disuguhkan bnyak obyek wisata yang bisa kita kunjungi untuk pemanasan. Wisata kawah Gunung Tangkuban perahu, letaknya berada di perbatasan antara Bandung Barat dengan Subang, lebih tepatnya setelah daerah Cikole, Lembang.

 

Jalur Menuju lokasi Wisata Si Cantik Tangkuban Perahu

Jalan kearah Tangkuban Perahu sudah mulus dan diaspal. Jika kita menggunakan kendaraan umum seperti bus perjalanan yang kamu tempuh agak lebih lama jika dibanding kita menggunakan kendaraan pribadi atau rental. Jika kita dari Jakarta maka kita memilih bus untuk tujuan jurusan Indramayu, mulai dari Terminal Leuwi Panjang dan langsung turun di depan pintu gerbang Tangkuban perahu.

Kalau ternyata kamu lebih dekat dengan Stasiun Hall, kamu bisa menggunakan angkutan perkotaan yang jurusan Lembang, dan turun di daerah perempatan Maribaya-Tangkuban Perahu. Lalu dilanjutkan perjalanan lagi menggunakan angkot jurusan Cikole, langsung menuju ke tujuan wisata Tangkuban Perahu. Dari jalan utama menuju lokasi kita akan menemukan pintu gerbang utama. Jarak dari pintu gerbang utama ini menuju area Gunung Tangkuban Perahu kurang lebih 1 kilometer dengan jalan yang cukup berkelok dan curam. Jika kita memakai Elf Jarak ini tidak terasa, mobil elf dapat mengantarkan kamu hingga didepan obyek wisata.

 

Hotel dan Penginapan di Tangkuban Perahu

Tidak ada hotel atau tempat yang bisa digunakan untuk menginap di dalam lokasi wisata gunung Tangkuban Perahu. Jika kamu berharap ada hotel atau penginapan, kamu bakalan kecewa. Mobil Elf memiliki bagasi yang luas, perbekalan makanan dan segala kebutuhan tentunya akan teratasi selama perjalanan mencari hotel atau penginapan terdekat.

Selama perjalanan di kawasan Tangkuban Perahu kita akan temui konsumsi karena banyak  pedagang- pedagang  ataupun kantin yang menyediakan makanan dan minuman. Obyek wisata ini termasuk lengkap , mulai dari kamar mandinya yang bersih, sampai tersedia juga Masjid. Selain itu sarana parkir yang tersedia di daerah wisata ini juga cukup luas. Mobil Elf bisa langsung parkir di lokasi yang dekat dengan kawah Tangkuban Perahu ini. Tentunya hemat waktu dan biaya. Karena tidak perluberjalan cukup jauh untuk menuju lokasi tempat wisata ini. Di Tangkuban Perahu juga ada khusus parkir untuk bus dan mobil besar, kurang lebih letaknya 200 m sebelum kawah ratu.

Harga tiket area kawah Tangkuban Perahu bisa dibilang relatif mahal. Harganya mulai dari 20 ribu Rupiah pada hari biasa, kalau untuk hari libur ataupun weekend, harganya bisa mencapai 30 ribu rupiah. Mungkin untuk menjaga kelestarian nya. Perawatan diperlukan secara menyeluruh. Anak dan cucu kita supaya tetap dapat menikmati keindahan Tangkuban Perahu. Sedangkan untuk pengunjung Mancanegara, harganya lebih mahal lagi mulai dari 200 ribu Rupiah pada hari biasa,  sampai dengan 300 ribu Rupiah hari libur ataupun weekend.

Tipe Obyek wisata Tangkuban Perahu konsepnya adalah kawasan. Kumpulan beberapa obyek wisata, dalam tulisan ini Bataviarentcar.com akan membahas satu persatu untuk pembaca website. Kamu bisa mulai untuk menikmati pemandangan alam di area kawah maupun sekitarnya.

Atau, kamu juga bisa melakukan kegiatan hiking ringan dengan mengitari daerah sekitar kawah. Serta, bisa juga berendam lumpur belerang di kawah domas. Berikut beberapa lokasi wisata di area tempat wisata Tangkuban Perahu yang perlu ada di list kamu. Jangan sampai ada yang terlewat ya..

KAWAH RATU

Kawah Ratu merupakan wisata utama di destinasi yang satu ini. Selain karena ukurannya yang sangat luas, perkampungan yang disajikan di daerah kawah ratu juga menjadi salah satu tempat terbaik utnuk mengabdikan momen kamu. Terlebih, kamu juga bisa langsung memarkirkan kendaraan pada bagian bibir kawah, Banyak spot yang kamu bisa jadikan tempat untuk swafoto/ selfie.

Jika kamu ingin menikmati suasana yang lebih tenang, ataupun ingin sekedar ngopi dan bersantai, sambil menikmati pemandangan menakjubkan kawah ratu. Kamu bisa berjalan sedikit, menuju ke sebuah area di bagian sebelah kanan parkiran Kawah Ratu.

 

KAWAH UPAS

Di tempat wisata yang satu ini, kamu akan mendapatkan lebih dari 1 kawah. Kawah Upas merupakan sebuah kawah kecil yang lokasinya berada di bagian atas dari Kawah Ratu. Lokasinya terletak di ujung jalan sebelah kanan area kawah ratu, kalau dari area parkir.

Sayangnya, akses jalan menuju Kawah Upas sudah ditutup oleh pengelola, karena relatif berbahaya untuk para pengunjung.  Nah, buat pengganti spot wisata kawah upas, kamu masih dapat berkunjung ke Bukit nya yakni Bukit Upas.

 

KAWAH DOMAS

Di area kawah yang satu ini, kamu bisa berendam lumpur belerang, karena memang daerah kawahnya bisa didatangi langsung oleh para pengunjung. Namun minimal kamu perlu hiking terlebih dahulu sebelum bisa menikmati keindahan lokasinya. Bisa dibilang ini spot tersembunyi di Tangkupaban Perahu. Kalau kamu memang berminat untuk mengunjungi kawah yang satu ini, supaya lebih efektif dan tidak memakan banyak waktu. Kita sarankan untuk menuju lokasinya melalui gerbang khusus saja, lebih tepatnya gerbang kawah domas. Kurang lebih sekitar 21 km setelah gerbang masuk kompleks wisata Tangkuban Perahu, letaknya di sebelah kanan jalan. Kalau tetap ingin lewat kawah ratu, kamu harus menaiki tangga terlebih dahulu untuk mencapai lokasinya, belum ketika baliknya, kurang lebih 1km naik turun tangga. Kami kurang suka untuk mengunjungi lokasi wisata kawah domas, karena untuk mencapai lokasinya, kamu akan diwajibkan oleh pengelola untuk menggunakan jasa guide.

Baik itu wisatawan lokal, maupun wisatawan luar, apalagi jasa guide-nya cukup mahal, sekitar 100-200 ribu lebih per kunjungan. Padahal, untuk mencapai lokasinya sendiri, sebenarnya jalannya sudah bagus, dan menurut pengamatan kami, medannya tidak memerlukan yang namanya tour guide

CIKAHURIPAN

Lokasi wisata yang satu ini memang salah satu lokasi yang wajib kamu kunjungi ketika sudah sampai di tempat wisata Tangkuban Perahu. Walaupun memang letaknya agak sedikit masuk ke hutan, dan harus hiking sejanak mengikuti jalan setapak untuk sampai di lokasinya. Tapi setelah sampai disana, kamu bakalan lupa dengan semuanya karena segala keindahan alam yang tersedia.

Bagaimana?, sudah siap menjelajahi Tangkuban Perahu diliburan berikutnya. Segera Boking di halaman order untuk Rental Elf Bataviarentcar.com.

-->