Sungai -Sungai Penantang Andrenalin. Wisata Arum Jeram dengan Rental Elf Murah di Jakarta

Siapa yang tidak tertantang jika mendengar kata Arum Jeram. Orang yang penakut pun jika sudah diatas kapal akan berteriak karena serunya. Arum jeram bisa disebut sebagai olahraga air yang  memacu adrenalin kamu. Arung Jeram atau sering disebut Rafting, tidak melulu untuk lelaki, karena pasalnya olahraga ini memadukan bnyak unsur seperti edukasi, kekompakan team, dan petualangan. Indonesia yang memiliki banyak gunung berapi karena berada di sabuk vulkanik, sudah pasti Indonesia memiliki spot arung jeram yang sangat layak dan banyak tersebar di berbagai pulaunya. Spot ini memiliki keunikan masing-masing, baik air maupun gugusan derasnya arus sungai.

Siap-siap check list kamu mana saja spot yang terlewat dan belum pernah kamu nikmati. Berikut list spot terbaik Arum Jeram di Indonesia. Semua spot di daerah Jawa sangat nyaman jika kita kunjungi dengan mobil Elf, Selain dapat tiba sampai spot tujuan, tentunya barang-barang kebutuhan anda yang banyak dapat tertampung di Mobil Elf. Percayakan rental elf murah Jakarta di Bataviarentcar.com, kami melayani rental mobil elf murah di Jakarta, rental mobil elf murah di Jakarta Barat, rental mobil elf murah di Jakarta Timur dan sewa mobil elf murah di Jakarta Selatan. Kami melayani sewa mobil di jakarta untuk ke luar kota dan dalam kota.

 

  1. Sungai Citarik – di daerah Sukabumi

 

Sungai yang akan kita bahas pertama adalah Sungai Citarik. Sungai Citarik berlokasi di daerah Sukabumi Jawa Barat, sungai ini memiliki tingkat kesulitan menahlukan liar nya arus sungai di grade 3. Artinya jeram Sungai Citarik masih aman bagi pemula atau bagi keluarga yang hendak refreshing. Meskipun aman tentunya masih harus dengan pengawasan dan panduan dari pembimbing.

 

Jarak tempuh dari lokasi ini berbeda-beda mulai dari 5 km dan yang paling jauh bisa mencapai 17 km. Sedangkan untuk harga yang ditawarkan per paket juga ber5ariasi tergantung dari penyedia jasa atau agen wisata.

 

  1. Sungai Progo – di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta

 

Yogya adalah salah satu tujuan wisata edukasi yang menjadi fa5orit banyak orang. Tapi di daerah ini juga menyimpan pesona wisata alam yang tidak kalah ciamik. Bagi anda yang berdomisili di Jogja dan sekitarnya, salah satu sungai yang patut anda cicipi jeramnya adalah Sungai Progo. Progo salah satu sungai besar di Daerah Yogyakarta. Sungai ini terbagi menjadi Progo atas dan Progo bawah, Sungai Progo atas memiliki grade 3 sehingga relatif aman.

 

Sementara Progo bawah memiliki grade 5 yang berarti ditujukan bagi mereka yang sudah berpengalaman. Ber arum jeram di sungai ini membutuhkan pendamping yang sudah profesional. Walau tujuan nya wisata safety adalah yang utama. Lokasi arung jeram ini sangat mudah ditemukan karena berada di dekat obyek wisata Candi Borobudur.  Disarankan jika berkunjung ke lokasi ini pada musim penghujan sehingga debit air sedang banyak dan jeram semakin menantang untuk ditaklukkan.

Kami Bataviarentcar.com salah satu rental elf murah jogja.

 

  1. Sungai Serayu – di daerah Banjarnegara

 

Kali ini kita bahas “si arus liar” di daerah seputaran wilayah Jawa Tengah, tepatnya di daerah Banjarnegara. Di daerah ini terdapat Sungai Serayu. Sungai ini memang masih cukup asing bagi penikmat olahraga arung jeram.

 

Justru dibalik asing nya Sungai Serayu menyimpan keunikan jeram yang sangat menantang dan pemandangan yang masih asri karena belum banyak terjamah wisatawan. Sungai Serayu sendiri membelah Jawa Tengah dari Wonosobo hingga Cilacap. Lokasi memulai arung jeram bisa dimulai dari jembatan di Desa Belimbing, Desa Tunggoro di Kabupaten Wonosobo, dan Desa Prigi di Kabupaten Banjarnegara.

 

Lokasi ini juga menyediakan sarana outbound sehingga sangat cocok jika digunakan sebagai tempat wisata bersama rekan kerja. Membawa keluarga untuk camping tidak ada salahnya di daerah ini.

Jika ingin berburu oleh-oleh di kota Semarang atau Solo, bataviarentcar.com pilihan tepat rental elf murah Semarang dan rental elf murah Solo.

 

  1. Sungai Pekalen – di daerah Jawa Timur

 

Sungai yang berlokasi di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur ini memiliki lebar hingga 20 meter dan kedalaman hingga 3 meter. Karateristik sungai yang berada di pegunungan membuat sungai ini mempunyai jeram di grade 3-5.

 

Rute pengarungan memiliki jarak tempuh sejauh 29 km yang meliputi 3 area yaitu Pekalen Atas, Pekalen Tengah dan Pekalen Bawah. Selain memiliki jeram yang memacu adrenalin, Sungai Pekalen juga menyuguhkan pesona lain yaitu 7 lokasi air terjun.

 

Spot yang menjadi andalan dari lokasi ini yaitu Funtastic Jumping Area. Di lokasi ini anda dapat melompat dari atas tebing sekitar 5 meter dengan gaya bebas, pastinya semakin melengkapi petualangan anda. Jika sudah berada di Kota ini jangan lupa untuk menjelajahi kota Apel- Malang. Rental elf murah malang tentunya Bataviarentcar.com kami juga terkenal untuk rental elf murah Sidoarjo.

 

  1. Sungai Alas – di daerah Aceh

 

Terletak di ujung Pulau Sumatera tidak membuat sungai ini kehilangan pamornya sebagai salah satu sungai dengan grade 4. Sungai alas membelah Taman Nasional Gunung Leuser, jadi jangan kaget jika anda berkunjung ke sini. Anda akan bertemu dengan satwa liar yang menghuni taman nasional.

 

Lokasi ini juga kerap digunakan sebagai salah satu lokasi perlombaan internasional. Salah satu yang rutin diadakan yaitu Aceh Leuser International Rafting Championship yang diadakan tiap tahun dengan peserta para rafter profesional dari berbagai Negara.

 

  1. Sungai Asahan – di daerah Sumatra Utara

 

Jika anda sudah mahir dalam berarung jeram, mungkin saatnya anda mencoba sungai yang satu ini. Sungai Asahan dengan grade 4-5, memang ditujukan bagi para profesional pengarung jeram. Tak jarang juga Sungai Asahan sering dijadikan sebagai lokasi perlombaan, baik ditingkat nasional maupun internasional.

 

Dengan rute sepanjang 22 km pastinya akan sangat memuaskan hobi anda dalam menaklukkan sungai yang disebut-sebut memiliki jeram terbaik nomor 3 di dunia.

 

  1. Sungai Batang Tarusan – di daerah Sumatra Barat

 

Sungai Batang Tarusan berhulu di Bukit Barisan dan membelah Kabupaten Pesisir Selatan. Memiliki Grade 2 sampai 3 di musim kemarau namun bisa saja meningkat hingga grade 4 jika musim penghujan.

 

Lokasi yang dekat dengan jalur lintas Sumatra dan panjang trek yang bisa ditempuh selama 3 jam, membuat kawasan wisata air ini sangat terkenal. Hal tersebut didukung pula dengan kondisi jeram dan batu-batu besar yang sangat menantang.

 

Namun sangat disayangkan karena pada beberapa lokasi sungai ini sering terjadi penambangan liar, sehingga sangat mengancam kondisi sungai.

 

  1. Sungai Ayung – di daerah Bali

 

Kurang lengkap rasanya jika berbicara lokasi wisata tanpa menyentuh salah satu ikon wisata Indonesia yang sangat terkenal ini. Bali sang Pulau Dewata, memang memiliki pesona pantai yang indah namun sungai nya tidak kalah membuat anda berdecak kagum.

 

Pulau dengan penduduk yang sangat menjunjung adat istiadat ini ternyata mempunyai spot arung jeram pula. Bali memiliki sungai yang sudah sering dijadikan salah satu destinasi utama ketika berkunjung, apalagi kalau bukan Sungai Ayung.

 

Sungai yang terletak di daerah Ubud ini memiliki jalur sepanjang 12 km yang bisa anda tempuh selama 2 jam. Daya pikat dari lokasi ini adalah ukiran pada batu sepanjang trek dan air terjun kecil sehingga anda bisa berfoto disana dengan background

 

  1. Sungai Nimanga – di daerah Sulawesi Utara

 

Sekarang kita beralih ke daerah timur Indonesia, Sungai Nimanga yang terletak di Minahasa Sulawesi Utara memiliki potensi wisata alam khususnya arung jeram yang sangat layak untuk masuk list perjalanan anda jika berlibur ke daerah Sulawesi.

 

Sungai ini memiliki Grade 2 – 3 sehingga sangat cocok bagi anda yang berlibur bersama keluarga atau hanya ingin sekedar merasakan sensasi petualangan menaklukkan sungai. Karena lokasinya yang masih sangat alami maka sering kita jumpai satwa satwa liar seperti Tarsius dan aneka jenis burung di pinggir sungai.

 

Dan jika anda beruntung, anda juga dapat merasakan minuman khas dari daerah ini yaitu Sauger yang sering disuguhkan penduduk sekitar jika ada wisatawan berkunjung.

 

  1. Sungai Sa’dan – di daerah Sulawesi Selatan

 

Tana Toraja seringkali identik dengan kebudayaan dan tradisi setempat, namun siapa sangka di Tana Toraja ada sungai yang terkenal di kalangan rafter profesional. Sungai Sa’dan atau masyarakat setempat sering menyebutnya dengan Sungai Saddang memiliki grade 3 hingga 5 dengan panjang mencapai 182 km.

 

Lokasi ini juga sering digunakan untuk turnamen nasional. Hal tersebut wajar karena selain pemandangan yang masih asri, jeram yang dimiliki sungai ini sangatlah menantang dan memenuhi persyaratan untuk dijadikan lokasi perlombaan.

 

  1. Green Canyon – di daerah Pangandaran

 

Jika anda ingin merasakan sensasi rafting yang berbeda, anda boleh mencoba spot yang satu ini.

 

Green Canyon atau yang pada awalnya disebut Cukang Taneuh merupakan salah satu lokasi rafting dengan sedikit “modifikasi”. Anda tidak akan menaiki kapal untuk mengarungi sungai tapi anda akan langsung menaklukkan sungai dengan tubuh anda atau dengan bantuan ban.

 

Karena itulah rafting dilokasi ini sering disebut body rafting. Lokasi ini terletak 30 km dari Pangandaran, sehingga anda bisa sekalian mampir jika kebetulan sedang berwisata di daerah Pangandaran. Lokasi yang cukup aman pula untuk wisata keluarga karena para instruktur siap menemani anda selama mengarungi sungai.

 

  1. Sungai Palayangan – di daerah Pangalengan, Bandung Selatan

 

Rafting di Sungai Palayangan – Pangalengan, Bandung Selatan gra5ity-ad5enture.com

Tidak kalah dengan kesebelas tempat rafting yang sudah disebutkan di atas, spot Sungai Palayangan di Pangalengan Bandung Selatan juga mesti Anda coba.Berarung jeram di sini sangat menyenangkan, dan cocok untuk outbound bersama keluarga atau juga corporate.

 

Di kawasan Situ Cileunca, yang masih satu area dengan Sungai Palayangan, banyak menyediakan tempat yang asyik untuk gathering karena dilengkapi dengan banyak fasilitas outbound lainnya seperti flying fox, paintball, juga Anda bisa bermain seru di area kawasan wisata ini, misalnya berkeliling Danau Cileunca dengan perahu, berwisata memetik strawberry, dll.

 

Untuk arung jeramnya sendiri, Sungai Palayangan selain memiliki Grade 3 yang aman dan menantang, juga Sungai Palayangan selalu berair dan deras sepanjang tahun. So, jika Anda ingin mnguji adrenalin dengan rafting di Sungai Palayangan, jangan sungkan untuk melihat paket rafting di bandung di sini.

 

Jangan lupa juga ya ajak teman-teman, saudara, keluarga,atau pacar Anda. Pokoknya dijamin seru, deh rafting di Sungai Palayangan ini. Demikianlah 12 tempat menarik untuk rafting yang ada di indonesia. Mudah-mudahan informasinya bermanfaat dan bisa menjadi referensi Anda..